Pengunjung

Kategori

Entri Populer

User Login


  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Mecetak Sumber Daya Manusia yang kompetitif di dunia kerja.
  • Unggul dalam Pengetahuan dan Teknologi.
  • Membangun manusia Indonesia yang tangguh.

Rabu, 10 Maret 2010

Strategi Menciptakan Daya Saing Produk Melalui Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Kapabilitas Pemasaran (Studi Kasus pada UKM Manufaktur di Semarang)

Laporan Penelitian, 10 Maret 2010


Lisda Rahmasari SE,MM
Mariana Kristiyanti S.Kom,MM

ABSTRAKSI

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi, dan kapabilitas pemasaranterhadap daya saing produk.Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah usaha manufaktur kecil danmenengah di Semarang yang berjumlah 100 industri.Alat analisis data yang digunakan adalah Structural EquationModelling (SEM) melalui program AMOS 5.0.Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan goodness offit, seperti yang disyaratkan.Semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukananalisis SEM. Hal ini berarti orientasi kewirausahaan, inovasi, dan kapabilitas pemasaranberpengaruh positifdan signifikan terhadap terhadap daya saing produk.Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada usaha manufaktur kecil danmenengah di Semarang menunjukkan bahwa daya saing produk dapat dicapaimelalui orientasi kewirausahaan, inovasi, dan kapabilitas pemasaran.

0 komentar: