Pengunjung

Kategori

Entri Populer

User Login


  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Mecetak Sumber Daya Manusia yang kompetitif di dunia kerja.
  • Unggul dalam Pengetahuan dan Teknologi.
  • Membangun manusia Indonesia yang tangguh.

Senin, 27 September 2010

Sistem Informasi Penilaian Siswa pada SMP Negeri 10 Semarang Berbasis Multiuser

Laporan Penelitian (27 September 2010)



Oleh :

Mariana Kristiyanti, S.Kom, MM
Nettinia Pranurul Murlisa

ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi saat ini, sudah sangat cepat dan maju, salah satunya adalah teknologi di bidang informasi. Kemajuan teknologi yang semakin meningkat didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, membuktikan bahwa kini informasi telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka pemakaian komputer di bidang akademik memberikan manfaat yang sangat besar, baik dalam ketelitian maupun volume pekerjaan yang ditangani. Sehingga dalam menyajikan laporan dan informasi akademik yang dibutuhkan dapat diperoleh secara cepat, tepat dan lengkap tanpa harus melalui proses pencatatan yang berulang-ulang.

Pengolahan data nilai siswa dengan didukung perkembangan teknologi dalam bidang informasi yang semakin maju menjadi sangat penting terutama bagi SMP Negeri 10 Semarang yang masih menerapkan sistem manual yang belum dapat menangani pengolahan data dalam jumlah yang besar secara cepat, tepat dan akurat.

Untuk memperbaiki sistem yang masih berjalan pada sekolah tersebut, sistem informasi pengolahan nilai siswa SMP Negeri 10 Semarang yang dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Visual Basic 6.0 dengan database Access 2007 sebagai suatu solusi untuk memecahkan masalah dalam hal pengolahan data dan penyimpanan data nilai siswa di sekolah. Selain itu sistem ini juga dapat menghasilkan laporan-laporan. Dengan penggunaan secara multiuser, diharapkan sistem ini akan memudahkan bagi pihak sekolah untuk mengolah data siswa dan nilai siswa sehingga akan memudahkan dalam pencarian data dan penyimpanan data.

0 komentar: