Pengunjung

Kategori

Entri Populer

User Login


  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Mecetak Sumber Daya Manusia yang kompetitif di dunia kerja.
  • Unggul dalam Pengetahuan dan Teknologi.
  • Membangun manusia Indonesia yang tangguh.

Jumat, 12 Desember 2008

Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Pelayanan, Fasilitas dan Kredibilitas Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel di Semarang ( Studi Kasus pada Industri Perhotelan di Semarang )

Laporan Penelitian ( 12 Desember 2008 )



Lisda Rahmasari SE,MM
Wuryanto


ABSTRAKSI

Suatu hal yang juga harus dipertimbangkan oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya adalah memberikan kepuasan kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Perusahaan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan adalah perusahaan yang mampu menumbuhkan kepercayaan di hati pelanggan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan antara lain : harga, lokasi, pelayanan, fasilitas dan kredibilitas.

Sampel penelitian diperoleh sebanyak 100 responden dengan menggunakan purposive sampling artinya pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan atau kriteria. Alat analisis yang digunakan antara lain uji validitas, uji realibilitas, dan uji hipótesis menggunakan structural equation modeling (SEM).

Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Harga terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Hotel; hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh bahwaterdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Hotel; hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh bahwaterdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Hotel; hasil pengujian hipotesis keempat diperoleh bahwaterdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Fasilitas terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Hotel dan hasil pengujian hipotesis kelima diperoleh bahwaterdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Kredibilitas terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Hotel.

Saran-saran yang dapat diajukan di dalam penelitian ini antara lain : pihak hotel hendaknya memperhatikan harga sewa kamar hotel agar keputusan penggunaan jasa di hotel juga meningkat.Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pihak hotel perlu memperhatikan hal-hal seperti penetapan harga sewa kamar yang murah dan sesuai dengan fasilitas yang dimiliki hotel.Pihak hotel juga perlu memperhatikan lokasi hotel agar menempati lokasi yang strategis, mudah dicapai oleh sarana transportasi seperti taksi, dan angkutan lain sehingga akan semakin meningkatkan keputusan penggunaan jasa di hotel.Pelayanan yang ramah, penampilan bersih dan rapi, ketrampilan karyawan untuk menghadapi suatu komplain dengan penyelesaian secara tepat dan cepat serta kecepatan dalam menanggapi apa yang dibutuhkan oleh konsumen hendaknya diperhatikan agar keputusan penggunaan jasa oleh para tamu dapat meningkat.Faktor fasilitas juga perlu diperhatikan oleh pihak hotel agar keputusan penggunaan jasa hotel dapat meningkat dengan memperhatikan hal-hal seperti: fasilitas yang lengkap yang tersedia di dalam kamar ataupun di luar kamar dalam area hotel tersebut, kondisi fisik fasilitas hotel yang terawat dan penataan dengan memperhatikan aspek keindahan dan kebersihan.Di samping itu, faktor kredibilitas hotel hendaknya diperhatikan dengan mempertahankan hal-hal seperti : kepercayaan konsumen terhadap citra perusahaan, pengakuan konsumen yang telah sudah membuktikan untuk tetap memilih produk layanan jasa hotel tersebut dan memperhatikan standar kualitas hotel yang telah dicapai melalui ISO.

0 komentar: