Pengunjung

Kategori

Entri Populer

User Login


  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Mecetak Sumber Daya Manusia yang kompetitif di dunia kerja.
  • Unggul dalam Pengetahuan dan Teknologi.
  • Membangun manusia Indonesia yang tangguh.

Kamis, 09 April 2009

Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Orientasi Kewirausahaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada UKM Manufaktur di Semarang)

Laporan Penelitian, 10 April 2009


Lisda Rahmasari SE,MM
Mariana Kristiyanti S.Kom,MM


ABSTRAKSI

Penelitian ini menganalisis pengaruh Kreativitas dan Inovasi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran dengan Orientasi Kewirusahaan Sebagai Variabel InterveningPopulasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah usaha manufaktur kecil danmenengah di Semarang yang berjumlah 100 industri. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural EquationModelling (SEM) melalui program AMOS 5.0.Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan goodness offit, seperti yang disyaratkan. 

Semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukananalisis SEM. Hal ini berarti kretivitas dan  inovasi wirausaha  berpengaruh positifdan signifikan terhadap terhadap orientasi kewirausahaan,sedangkan orientasi kewirausahaan berpengaruh prositif terhadap kinerja pemasaran .Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada usaha manufaktur kecil danmenengah di Semarang menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dapat dicapaimelalui orientasi kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan dapat dicapai dengan kreativitas dan inovasi wirausaha.

0 komentar: